10 Aplikasi Yang Bikin Waktu Belajar Lebih Mudah Dan Menyenangkan



Di era yang serba gadget ini, kita pasti nggak bisa jauh-jauh dari smartphone kita. Menurut penelitian Digital GFK Asia, rata-rata orang Indonesia menghabiskan 5,5 jam dengan smartphone mereka dan membuka 46 aplikasi serta website per harinya. Mulai dari main game, log in ke berbagai social media, streaming video, dan masih banyak lagi.

Kebanyakan orang terlalu lama memainkan smartphone mereka hingga tidak kenal waktu hanya untuk hiburan semata. Padahal selain untuk hiburan, kita sebagai pelajar, juga bisa memanfaatkan smartphone untuk memaksimalkan waktu belajar lho. Oleh karena itu, hari ini R akan berbagi 10 aplikasi yang bisa bikin waktu belajar kalian lebih mudah dan menyenangkan. Check this out, guys!
  

1. OFFTIME



Kita sebagai pelajar pasti sering banget ngelakuin ini, niatnya mau belajar, malah main HP. Awalnya cuma mau ngecek doang, eh malah keterusan. Nah aplikasi OFFTIME bisa mengatasi masalah itu.

Dengan OFFTIME kamu bisa memblock aplikasi yang mengganggu fokus belajarmu untuk sementara. Jadi saat OFFTIME diaktifkan kamu nggak bisa membuka aplikasi yang kamu block untuk sekitar 1 jam. Kalau lagi urgent banget harus buka aplikasi yang ada di daftar block, long-press pada layar dan tunggu 60 detik untuk menghentikan mode OFFTIME.

Availability : Android | iOS
Rating : 4,0/5 (Play Store) | 8/10 (R)


2. MINDLY



Mind map! Apa sih mind map itu? Mind map adalah cara mengumpulkan informasi dengan membuat poin-poin bercabang. Mind map biasa digunakan untuk brainstorming, memecahkan suatu masalah, dan mengumpulkan informasi.

Singkirkan pena dan bukumu, kini mind mapping bisa lebih mudah dengan aplikasi Mindly. Cukup sentuh tanda + di kiri atas aplikasi and you’re ready to mind mapping!  Selain itu, kalian bisa memberikan icon serta warna tersendiri pada masing-masing poin dan juga menyisipkan foto dari galeri.

Availability : iOS | Android
Rating : 4,6 (Play Store) | 7/10 (R)


3. GOODTIME



Belajar selama berjam-jam tanpa istirahat nggak baik lho. Lebih baik sisipkan break atau istirahat untuk makan atau minum serta istirahatkan mata. Kalian butuh aplikasi yang satu ini untuk mengatur berapa lama waktu belajar kalian.

Dengan Goodtime kalian bisa tentukan durasi lama belajar dan durasi istirahat. Goodtime bekerja seperti timer. Jadi, saat durasi belajar habis HP mu berdering seperti alarm sebagai tanda untuk istirahat. Aplikasi ini menggunakan Teknik Pomodoro.

Availability : iOS | Android
Rating : 4,6 (Play Store) | 8/10 (R)


4. MyHOMEWORK



Buat kalian yang sering lupa sama PR, say no more!  Aplikasi myHomework hadir sebagai penyelamat kalian. Mencatat daftar PR sekarang bisa di gadget kalian masing-masing dengan aplikasi myHomework.

Untuk menambahkan PR, buka menu Homework dan klik tanda + di kanan atas. Lalu ketik deskripsi Homework, tentukan kelas, type (Homework, Test, Study, Project, etc), priority (High, Medium, Low), due date (batas waktu), dan sebagainya. Kalian juga bisa mengatur waktu reminder atau alarm untuk mengerjakan tugas kalian.

Availability : iOS | Android
Rating : 4,0 (Play Store) | 8/10 (R)


5. FOREST



Aplikasi Go Green ini sangat unik. Cocok buat kalian yang punya kebiasaan buruk nggak bisa lepas sama gadget sampai lupa belajar. Forest dapat membantu kalian untuk terlepas dari kebiasaan itu dan menjaga fokus atau konsentrasi kalian dalam belajar.

Saat Forest diaktifkan, kalian nggak bisa membuka atau memainkan HP kalian. Sebelumnya tentukan berapa lama waktu yang kalian inginkan. Uniknya adalah selama HP kalian dalam mode 'silent' atau saat Forest aktif, Pohon tumbuh. Wah pohon tumbuh di HPku? Bukan. Maksudnya Pohon virtual. Semakin lama waktu yang kalian tentukan, semakin besar juga pohon dan poin yang kalian dapatkan. Tapi kalau kalian mainkan HP kalian sebelum waktu habis, maka Pohon yang sedari tadi sedang tumbuh akan mati.

Availability : Android | iOS
Rating : 4,3 (Play Store) | 8/10 (R)


6. BRAINLY



Brainly bisa membantu kalian dalam mengerjakan PR, lho. Kalian bisa bertanya atau meminta bantuan kepada sesama pengguna Brainly untuk menjawab soal kalian. Kalian juga bisa membantu sesama pengguna Brainly dalam menjawab soal tugas mereka. Setiap kali kamu menjawab soal, kamu akan mendapatkan poin. Sedangkan, kalau kalian bertanya poin kalian akan dikurangi. Jadi meminta bantuan dan membantu harus seimbang, ya.

Availability : Android | iOS
Rating : 4,7 (Play Store) | 7/10 (R)

Baca Juga : Tutorial Mewarnai Gambar Hasil Scan di Photoshop
 

7. My Study Life



My Study Life merupakan aplikasi School Planner untuk pelajar dan bahkan guru untuk memudahkan proses belajar. Aplikasi ini hampir mirip dengan myHomework.

My Study Life memungkinkan kalian untuk menginput daftar tugas, ujian atau tes, serta jadwal kelas yang bisa diaskes dimana dan kapan saja. Kalian juga akan mendapatkan notifikasi atau reminder untuk tugas yang belum selesai dikerkajan, ujian yang akan datang, dan pergantian pelajaran atau kelas. Juga ada timetable dengan tampilan week view yang memudahkan kalian untuk mengetahui jadwal, tugas, dan ujian yang akan datang, dan bahkan hari libur.

Availability : iOS | Android
Rating : 4,3 (Play Store) | 9/10 (R)

8. Photomath



Nggak perlu kebingungan lagi ngerjain soal-soal Matematika, sudah ada Photomath yang siap sedia membantu kalian dalam memecahkan soal. Cukup arahkan kamera ke soal dan Photomath akan menunjukan hasil atau jawabannya dengan instruksi step-by-step. Kini Photomath didukung fitur grafik dan handwriting recognition. Photomath mendukung soal aritmatika, integral, algebra, persamaan linear, logaritma, trigonometri dan masih banyak lagi.

Availability : iOS | Android
Rating : 4,6/5 (Play Store) | 9/10 (R)

9. Evernote




Mencatat sekarang sudah nggak perlu buku dan bisa lebih mudah dengan aplikasi Evernote. Tulis, kumpulkan, dan gambarkan ide atau catatan dalam bentuk notes, notebooks, checklist, dan to-do list. Kalian bisa menyimpan catatan dalam berbagai format: teks, foto, audio, video, sketsa, PDF dan lain-lain.

Didukung dengan fitur scanner yang memungkinkan kalian untuk meng-scan catatan, dokumen, buku, dan tulisan. Evernote dapat mengsinkron semuanya secara otomatis sehingga kalian bisa mengaskes catatan kalian dimana saja, kapan saja, dan melalui gadget apa saja.

Availability : iOS | Android
Rating : 4,6 (Play Store) | 9/10 (R)

10. Tide: Stay Focused




Buat kalian yang mau suasana yang tenang dan damai saat belajar, harus download aplikasi ini. Tide membantu kalian untuk tetap fokus dalam bekerja dan belajar dengan ditemani 'white noise' seperti suara ombak laut, hujan, hutan, meditasi, dan café.

 Dikombinasikan dengan metode pengelolaan waktu yang populer yakni Teknik Pomodoro, kalian bisa memblock hal-hal yang mengganggu konsentrasi dengan Tide sambil mengatur waktu. Tide membantu kalian fokus dalam belajar dengan diselingi short break dan membuat waktu belajar kalian lebih menenangkan  dan stress-free.

Availability : iOS | Android
Rating : 4,6 (Play Store) | 9/10 (R)



Nah, itulah 10 aplikasinya! Semoga bisa membuat kalian lebih semangat dalam belajar ya. Intinya, jangan pernah berhenti belajar. Apa yang kalian pelajari hari ini, hasilnya akan terasa di kemudian hari. Sampai disini pertemuan kita kali ini! See you on my next post, peeps!




credit: 
icons on banner are from iron pond on flaticon.com






Komentar

Postingan populer dari blog ini

LIRIK BTS - SERENDIPITY (HANGUL, BAHASA INGGRIS, ROMANIZATION, TERJEMAHAN BAHASA INDONESIA)

Makalah Prinsip Ekonomi Dalam Islam

Mewarnai Gambar Hasil Scan | #1 Tutorial Photoshop